Pembukaan LATSAR CPNS Tahun 2023

SHARE

Wakil Bupati Parigi moutong, H. Badrun Nggai, SE, membuka secara langsung kegiatan Pelatihan Dasar CPNS sekaligus berbagi pengalaman yang ia miliki sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) kepada peserta pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2021 Pemerintah Daerah Parigi Moutong Golongan II dan III  Angkatan CXXIX (129), XLVI (46), dan XLVII (47) Tahun 2023 pada selasa (23/5/23).

Kegiatan pembukaan latsar ini turut dihadiri oleh Kepala bidang Pengembangan Kopetensi manajerial dan fungsional BPSDMD Provinsi Sulawesi Tengah, Staf Ahli serta Widyaiswara. H. Badrun Nggai, SE juga menyampaikan bahwa kompetensi yang akan dikembangkan diantaranya ialah pembentukan karakter. Pembentukan karakter ini untuk mengukur kemampuan sikap perilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS untuk mendukung terwujudnya smart governance sesuai peraturan perundang-undangan, dan menunjukkan penguasaan kompetensi teknis sesuai bidang tugas masing-masing.

Dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur Kadek Mustapa, S.T, dijelaskan bahwa peserta latsar merupakan hasil penerimaan CPNS formasi Tahun 2021 yang berjumlah 94 orang dengan berbagai latar belakang pendidikan yang berbeda, Diploma III dan S1.

Pelaksanaan latsar ini merupakan salah satu persyaratan yang harus ditempuh sebelum pengangkatan menjadi seorang PNS untuk memberikan pemahaman peserta tentang sistem pemerintahan di wilayah Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Selain itu juga untuk membentuk kompetensi berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang nantinya akan digunakan dalam pekerjaan sehari-hari sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Kurikulum penyelenggaraan latsar dibagi menjadi dua bagian yaitu kurikulum pembentukan karakter PNS dan kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas. Adapun tujuan penyelenggaraan latsar CPNS ini adalah untuk menginternalisasikan dan mengimplementasikan core values ASN yang berAKHLAK, yaitu Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif, dalam rangka mendukung employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”.

Melalui penyelenggaraan latsar ini diharapkan akan menghasilkan PNS yang profesional dan berkarakter berlandaskan pada nilai-nilai dasar ASN dalam melaksanakan tugas dan jabatannya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan perekat serta pemersatu bangsa.

Humasbkpsdmparimo